Hal Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Bekerja Di Luar Negeri

Hal Yang Harus Disiapkan Jika Ingin Bekerja Di Luar Negeri

Use Sjc –┬áPenelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% lulusan universitas ingin bekerja di luar negeri. Artinya, anak muda Indonesia yang mengenyam pendidikan setelah lulus kuliah ingin bekerja di luar negeri.

Ada berbagai alasan di balik keinginan mereka, berikut beberapa alasan mengapa mereka ingin bekerja di luar negeri. Pendapatan yang lebih tinggi, keinginan untuk menjalani gaya hidup yang berbeda dan mencari pengalaman, perasaan persaingan yang lebih ketat untuk membangun etos kerja yang baik. Dan banyak alasan lainnya.

Memang tidak mudah saat bekerja di luar negeri, jika ingin bekerja di luar negeri bersiaplah secepatnya dari sekarang.

1. Temukan informasi sebanyak-banyaknya sekarang

Misalnya, cari tahu jenis bisnis apa yang Anda minati, jenis pekerjaan apa yang Anda miliki, di negara mana Anda ingin bekerja, berapa gaji yang akan Anda terima, apa kebiasaan setempat, berapa biaya hidup yang harus Anda keluarkan.

2. Lengkapi dokumen yang diperlukan

Itu senjatamu. Lengkapi semua dokumen yang diperlukan. Siapkan semua dokumen yang diperlukan dan menemani Anda.

Misalnya, melengkapi dokumen legal imigrasi untuk menjadi legal worker.

Misalnya, jadikan paspor sebagai identitas Anda saat bekerja di luar negeri. Dan pastikan Anda mengetahui peraturan yang berlaku, mulai dari cara pembuatan paspor, jenis paspor, masa berlaku, dan cara perpanjangan paspor nantinya.

3. Rencanakan akomodasi

Ada perusahaan yang memfasilitasi proses kepindahan Anda, namun ada juga perusahaan yang tidak menyediakan akomodasi seperti tempat tinggal dan proses pindahan. Menyiapkan akomodasi yang diperlukan, misalnya menyiapkan tempat tinggal dengan mempertimbangkan biaya, jarak, lingkungan tempat tinggal, dan kemudahan transportasi.

4. Persiapkan kesehatan Anda

Kesehatan adalah modal utama untuk bekerja, baik Anda bekerja di negara sendiri maupun di luar negeri. Pastikan Anda tidak memiliki penyakit serius, karena persyaratan kesehatan seringkali menjadi faktor utama untuk diizinkan masuk ke suatu negara.

Selain itu, kesehatan akan menjadi faktor keberhasilan di luar negeri. Sehingga Anda tidak mengetahui status kesehatan Anda sendiri dan pada akhirnya akan menimbulkan masalah bagi Anda saat bekerja di luar negeri.

Biasanya kita perlu melakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak rumah sakit untuk mengetahui kondisi Anda saat ini. Apakah Anda dinyatakan dalam keadaan sehat dan fit untuk bekerja di luar negeri atau tidak?

Sebagian besar negara memerlukan sertifikat kesehatan. Anda harus melakukan ini di negara asal Anda dan telah menerima sertifikat kesehatan yang dapat diandalkan dari dokter atau rumah sakit yang melakukan pemeriksaan kesehatan.

5. Periksa legalitas lembaga perantara

Saat ini sudah banyak jasa distribusi tenaga kerja, dalam memilih harus sangat selektif. Perusahaan ini bertindak sebagai perantara antara Anda dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di luar negeri.

Jika Anda menggunakan jasa agen perantara, pastikan validitas, itikad baik, dan pengalamannya terbukti. Jangan bodoh dan salah memilih perusahaan pialang. Karena saat ini banyak perusahaan pemasok tenaga kerja luar negeri yang tidak sah dan hanya menipu.

6. Kuatkan niat dan motivasimu

Anda harus menyadari bahwa bekerja di negara lain memiliki kebiasaan yang berbeda, misalnya: tekanan yang lebih tinggi, budaya dan kecepatan kerja yang berbeda, cuaca yang lebih panas atau lebih dingin, disiplin yang tinggi, persaingan yang sangat berbeda dari negara Anda sendiri.

Perkuat motivasi kerja Anda dan persiapkan lebih banyak energi untuk menghadapi tantangan baru ketika Anda sudah bekerja di luar negeri. Jangan biarkan diri Anda bertahan dan akhirnya menyerah di tengah perjalanan.

Karena dimanapun Anda bekerja, Anda membutuhkan motivasi untuk mendukung kesuksesan Anda dalam berkarir di negara lain.

Sumber:

Blitarkota

gaji cabut bulu walet