Kelebihan dan Kekurangan PLC (Programmable Logic Controller)

Kelebihan dan Kekurangan PLC (Programmable Logic Controller)

Use Sjc –┬áSeperti yang sudah diketahui oleh sebagian orang, Programmable Logic Controller atau lebih dikenal dengan PLC merupakan program yang banyak dijumpai di dunia wirausaha. Penggunaan robot oleh subkontraktor menjadikan mereka subkontraktor dalam robot.

Sedangkan jenis kontraktor yang banyak didirikan adalah kontraktor mekanikal dan kontraktor elektrikal. Meski tidak sedikit yang menemukan kombinasi keduanya. Seperti di Jakarta. Bahkan ada listing khusus kontraktor mekanikal elektrikal di Jakarta.

Tapi apa sebenarnya fungsi robot? Mengapa pengusaha menggunakan program ini? Apa pro dan kontra menggunakan robot? Mari kita lihat jawabannya dengan memperhatikan uraian berikut ini.

Alasan utama mengapa banyak industri menerapkan PLC sebagai sistem kontrol otomasi mereka adalah bahwa ia memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan menggunakan peralatan otomasi lainnya. Selain memiliki kelebihan tentunya juga memiliki banyak kelemahan, namun kelemahan tersebut masih dapat diminimalisir dengan adanya sumber daya manusia yang handal. Itulah manfaat programmable logic controller yang mungkin perlu Anda ketahui agar bisa menjadi pertimbangan saat menentukan sistem kontrol di industri tempat Anda tinggal.

Kelebihan PLC

1. Simple

Biasanya, untuk mengendalikan sebuah mesin, digunakan sebuah controller untuk mengendalikannya. Tetapi jika Anda menggunakan PLC, Anda tidak akan direpotkan seperti ini, Anda hanya dapat mengontrol beberapa mesin dengan satu pengontrol PLC.

2. Mudah diubah

Dengan menggunakan PLC, sangat mudah untuk memodifikasi program yang telah dibuat, sehingga jika perlu memperbarui sistem tidak membutuhkan banyak waktu. Berbeda jika Anda menggunakan sistem tangga, Anda akan kesulitan melepas dan memasang kembali.

3. Mudah untuk memecahkan masalah

Untuk mengetahui kesalahan pada proses kerja, sistem dapat langsung dimonitor menggunakan display yang terhubung dengan PLC, tanpa perlu kontrol manual. Efisiensi waktu sangat menguntungkan dalam industri. Hal ini berkaitan dengan jumlah produksi barang yang dihasilkan.

4. Harga murah

PLC dengan kemampuan yang handal dan memiliki fasilitas yang lengkap antara lain timer, counter, input analog dapat diperoleh dalam satu paket CPU yang dijual dipasaran dengan harga yang bervariasi dan murah. Ada berbagai merek dan tipe PLC, tergantung kebutuhan industri tempat Anda bekerja.

5. Jumlah Kontak banyak

Jumlah kontak pada PLC berhubungan dengan memori PLC yang digunakan. Setiap koil memiliki kontak tambahannya. Kontak tambahan ini dapat digunakan untuk ratusan kontak/relai digital. Cara koneksinya juga sangat sederhana karena tidak perlu dihubungkan dengan komponen fisik apapun, langsung diprogram menggunakan diagram tangga atau jenis pemrograman lainnya.

6. Simulasi Mudah

Sebelum program diterapkan pada komputer fisik, biasanya dilakukan pengujian terlebih dahulu. Dengan PLC Anda tidak perlu menggunakan alat fisik apa pun untuk melakukan pengujian, cukup gunakan perangkat lunak simulasi yang disediakan oleh pemasok merek PLC yang digunakan.

7. Kecepatan operasi

Kecepatan operasi PLC melebihi kecepatan relai, jadi tidak perlu khawatir dengan masalah kecepatan pemrosesan. Bekerja dalam mikrodetik

8. Reliability

PLC mampu bekerja di lingkungan yang tidak bersahabat seperti: debu, suhu yang tidak menentu, tempat dengan getaran. Juga handal 24 jam nonstop.

9. Keamanan

Pertimbangan yang sama pentingnya dalam industri adalah keamanan instalasi, program API tidak dapat dimodifikasi oleh orang yang tidak memiliki hak akses API. API dapat dilindungi kata sandi sehingga tidak ada peretasan di industri yang dapat menghambat pekerjaan produksi.

Kekurangan PLC

Dari berbagai kelebihan yang sudah saya uraikan diatas, mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang kelemahan PLC.

1. Sulit bagi orang awam

Untuk teknisi yang baru mengenal PLC, mereka mungkin kesulitan memprogram PLC, karena mereka harus terbiasa dengan bahasa pemrograman PLC terlebih dahulu.

2. Kondisi lingkungan

Meskipun PLC tahan terhadap efek guncangan, suhu tinggi, hal itu juga dapat mempersingkat masa pakai PLC. Karena komponen semikonduktor robot tidak dibuat untuk hal ekstrim seperti itu.

3. Merk dan spesifikasi

Banyaknya vendor yang menawarkan PLC dengan spesifikasi berbeda membingungkan banyak staf teknis dan pengadaan ketika harus menentukan jenis PLC yang tepat untuk digunakan. Karena dalam pembelian barang beberapa aspek harus diperhatikan agar peralatan yang diperoleh dapat bertahan lama dan tentunya dengan keuntungan yang lebih banyak.

Sumber:

www.kelasplc.com